Minggu, 15 Juni 2014

Touring Part 2 : Jogjakarta Wonosobo

24 May 2014

Jogja lagi, lagi dan lagi. Kali ini, gw ke Jogja dengan Kereta Api, bisa dibilang ini pengalaman pertama naik KA. Jadwal keberangkatan Jakarta-Jogja tanggal 24 May 2014 / 8.20 PM - 25 May 2014 / 3.34 AM - Argo Lawu - Eks 1.

Sabtu sore sekitar jam 5 PM, gw melaju dengan taksi menuju kawasan SCBD Pacific Place untuk mengunjungi beard papa, dan langsung ke pool taksi lagi menuju Stasiun Gambir. Jalanan lumayan padat merayap, mungkin karena longgggg weekend.

Mendarat di pintu selatan St. Gambir, gw langsung masuk dan lebih rame di banding kemaren pas penukaran tiket. Masih planga plongo?? Pastiiii heheh. Trus gw ngikutin antrian di check in counter, prepare tiket dan KTP, ternyata udah pegel ngantri tau-tau check in untuk Argo Lawu belum di buka. Dan mata gw tertuju pada satu arah, Bugis Kopi Tiam. Langsung pesan nasi lemak rendang, teh hangat dan air mineral. Sambil menunggu pesanan datang, gw ngabarin pacar - Rendy Martanugraha.

Sekitar 7.40 PM, gw ke check in counter lagi. Verify. Naik ke  lantai 3, menuju gerbong1. Seat 10 D. Welcome Argo Lawuuuuuuuu. KA berangkat 8.50 PM, delayyyyyyy. Saatnya hibernasi heheh
Good Night and Sleep Tight

Haloooo St. Tugu Jogjakarta, sekitar jam 4.40 AM Psssttttttttttt !! kereta berhenti. Mengikuti langkah yang lain, menuju pintu keluar. Disambut pacar tersayang. Ooh ya, kali ini gw lumayan lama di Jogja, 1 mingguan. Jadwal jalan-jalan kali ini gak seperti liburan ke Jogja sebelumya yang cuma 2-3 hari. Liburan kali ini lebih santai heheh.

Kawasan Wisata Kaliurang

Kawasan wisata di lereng selatan Gunung Merapi. Untuk menuju tempat ini, kira-kira 30 menit dari GPW. Sepanjang jalan menuju kawasan wisata kaliurang, pemandangan yang kita lihat cuma pohon, villa yang kental dengan nuansa etnik, beberapa rumah penduduk, kakek nenek yang manggul rumput. Ga salah, kalau ada yang bilang Jogja itu romantis.

Tugu Jogja (27 May 2014)
Icon kota jogja dan titik nol kilometernya kota jogja yang luar biasa ramenya. Semakin malam, semakin rame, sekitar jam 10.30 PM kita coba untuk sesi pemotretan. Nah, kali ini cuma gw yang foto dan rendy photografer nya. Disini rame banget yang foto-foto.

Tugu Jogjakarta

Malioboro (28 May 2014)
Abis makan di durian lodaya, kita bertiga lanjut ke malioboro. Satu lagi icon nya jogja yang kental dengan nuansa etnik. Sepanjang jalan ada kusir dan delman nya. Ada kejadian lucu, pas lagi foto dekat delman ada rasa takut diseruduk kuda, kena ekor kuda dan di serempet kuda. heheh. Alhasil gw merapat ke rendy heheh.

Hehehehe asik dapat mawar dari rendy. Thanks abang egunnnnn

Malioboro Street

Thank's for red rose abang regun
Kuda yang Menggelikan

Red Rose
Abang Regun dan Adek Vandy

Taman Sari (29 May 2014)

Rencana jalan-jalan hari ini sedikit dadakan, masih ada unsur malas-malasan. Mungkin karna masih pagi. Perlengkapan perang yang kita bawa : body pack yang isinya baju ganti, kacamata, camera dan tripod. Brrrrmmmm........ Gasss.

Sekitar jam 10 AM, kita udah nyampe di tempat mandinya para istri raja TAMAN SARI.

Taman sari terbagai atas beberapa venue. Bagian pertama ada kolam pemandian

Taman Sari Part 1

Bagian kedua, kaya penjara, tapi gw gak tau pasti.

Berikutnya di tempat ketiga. Kaya masjid gitu dan lagi-lagi gw gak tau namanya

Dan perjalanan di taman sari di akhiri dengan alhamdulillah, kaki lecet dan kehausan hehhe.

Ratu Boko Temple (30 May 2014)
Engggg Ingggg Engggg, jumat pagi ini kita siap-siap menuju Benteng Vredrburg asikkkkk. Yah sayang banget pas kita datang ternyata tempatnya tutup. Akhirnya kita melipir ke Mirota Batik, niatnya sih mau nyari handmade yang unik dan antik gitu. Wah lumayan rame nih, gak tau karena long weekendd atau emang udah rame sebelumnya

Berhubung yang namanya hari jumat selalu terik, kita memutuskan untuk pulang ke kaliurang.

Dari hasil diskusi yang dadakan, kita memutuskan untuk melancong ke Candi Ratu Boko, jam 4 PM kita langsung menuju Ratu Boko, niatnya sih mau liat sunset. Candi ini berlokasi di Bokoharjo, Sleman. Kira-kira jam 4.35PM kita udah nyampe di komplek candi. Butuh waktu beberapa menit menuju candi.

Welcome to Ratu Boko Temple

Ratu Boko Temple

Sunset

Thanks to tripod

Emejing banget nih tempat. Kereeennnnnnnn. So romantic

Kaliurang (31 May 2014)
Berhubung suara gw udah kaya kodok dan gak enak badan, kita memutuskan hari ini untuk break. Makan, tidur, leyeh-leyeh, tidur. Malamnya, adit dan wulan ngajakin kita untuk makan ayam taliwang bareng.

Abis makan kita bingung nentuin mau kemana lagi. 1. Caffe pesawat ( Gw gak tau nama caffe nya apa, yang pasti rendy bilang kalo design nya mirip cabin pesawat) 2. Teh Poci. Pilah pilih akhirnya pilihan jatuh ke teh poci.

Teh Poci Teh Poci !!
Makin menanjak, udara semakin dingin. Ditambah rendy bawa motornya ngebut. Gak berapa lama kita mendarat di Warung Teh Poci Astomulyo. Tempatnya sih rada nyempil gitu. Kalo dari ceritanya rendy (sebagai seorang pendaki gunung), tempat ini sering dijadiin persinggahannya para pendaki gunung. Ga cuma para mountaineer, mahasiswa dan tamu dari luar kota juga banyak.

Eng..Ing..Engg, pas masuk ketempat ini, kita bakal ngerasain nuansa punk hehe. Seluruh dinding bagian luar penuh dengan gravity piloxs. Nah, warung ini menyediakan 2 pilihan tempat, yaitu di luar atau dalam. Karena mau ngerasain dinginnya udara merapi ditambah hangatnya minuman jahe, kita milih duduk di luar.

Pesanan kita : wedang jahe, susu jahe, telur setengah matang. Gak lama, pesanan yang kita tunggu-tunggu datang juga. Tiba-tiba gw ingat pas 2 bulan yang lalu di tempat ini, gw dan rendy pesan teh jahe dan susu jahe. Teh jahe dan susu jahe disajiakan dengan poci dan cangkir yang terbuat dari tembikar. Dan pas diseruput hmmmmmm... luar biasa. Badan langsung berasa hangat.
Mungkin benar yang dibilang rendy JOGJA ITU ISTIMEWA. Bukan seperti caffe di mall yang mentereng. Tapi kehangatan, keramahan dan budaya yang tiada duanya.
Wonosobo
Prepare..prepare. Baju..oke, camera tripod...siap, *nyebutin barang bawaan.
Ini kedua kalinya gw touring dengan 2 orang teman, 1 orang yang special ke tempat yang berbeda. Tujuan touring kali ini adalah WONOSOBO.

Berangkat dari kost adit sekitar 8 PM, kita melaju menuju wonosobo. Jalan yang kita lewati udah sepi dan gelap. Maklum, kota ini tidurnya cepat gak kaya Jakarta heheh. Ga banyak yang bisa di liat.

Sekitar jam setengah 11, kita udah memasuki Wonosobo. Sekarang saat nya searching-searching penginapan. Gak lama, kita udah nemuin penginapan di kawasan Ahmad Yani. Trus lanjut makan di sekitar hotel petra.

Abis makan, kita balik ke hotel. Ga sabar nungguin gimana serunya besok.

Dieng Highland (1 June 2014)
Sebelum menuju dieng, kita makan mie ongklok dulu, Mie Ongklok dan Sate Bu Umi ini makanan khas wonosobo. Mie kuning yang dikasih kol yang udah di rebus trus diguyur kuah yang kental. Sajiannya dilengkapi sama sate. Wihh mangstabbbb. Recomended !! . Mie ongklok bu umi ini berlokasi di Jl. Masjid, Kauman Utara- Wonosobo. Abis makan kita bergerak lagi. Go! Go!.

Sekarang kita bergerak menuju dataran tinggi dieng. Gak perlu diragukan, view Wonosobo juara. Motor terus menanjak ke atas dan rendy bilang, "sekarang kita berada di ketinggian 2000 mdpl".

Kita terus bergerak ke atas, sambil mengarahkan tangan nya, rendy bilang " itu gunung sindoro, yang itu gunung sumbing". Dan akhirnya kita nyampe di gerbang Dieng.

Akhirnya kita memasuki kawasan dieng plateau. Di kawasan ini ada beberapa objek wisata yang bisa di kunjungi telaga dan goa (pake flat shoes, ya ga mungkin ke goa). Nah abis beli tiket, perjalanan kita di mulai. Ngelewatin jalanan yang kecil kita menuju Telaga Warna.

Sesi 1 : Telaga Warna Dieng

Adit dan Wulan

Action

Beuh gayanya udah kaya mafia

Sesi pemotretan pertama, dengan view telaga warna, done.

Sesi 2 : Batu-Batu

Yeahhh, kita ngelanjutin lagi. Tau-tau muncul ide dari rendy dan adit mau foto di batu-batu. Aiihh, nyusahin hhehehhe. Bayangin, naik aja gw musti di push rendy dari bawah. Hahaha

Cheeerrrrsssss

Wah bajunya kompakan

Naik aja gak bisa apalagi turun. Alhasil di gendong rendy dehhh

Sesi 3 : Patung-Patung

Trus lanjut jalan lagi ke warisan budaya selanjutnya heheh

Sesi 4 : Jungle

Nah, selanjutnya kita nemuin view yang oke bingit. Tropis banget

Ini favorite gw

Ini favoritenya rendy

Perjalanan kita di telaga warna selesai, di tutup dengan foto di taman dekat pintu keluar. Luar biasa nih tempat wisata yang satu ini. Banyak banget spot yang bisa di lihat dan di masukan ke deretan gambar-gambar terbaik di camera.

Candi Arjuna
Brrrrmmmm.....brmmmmm !!!  Masih belum puas nih ngubek-ngubek wonosobo. Masih di kawasan Dieng Highland, kita menuju candi hindu. Kurang dari setengah jam kita mendarat di komplek candi. Dan mesti jalan lagi, untuk menuju ke candi. Selama menuju candi, kita di kasih pemandangan pohon-pohon dan bunga terompet. Tempatnya terawat loh.

Emejinggg deh.... Kita mendarat dengan sexy di kompleks candi yang terdiri dari 5 candi dan satunya lagi di renovasi. Lima candi kokoh yang berdiri sejajar ini, luar biasa. Takjub ngeliatin relief dan susunan batu nya. Ini nih warisan sempurna dari leluhur kita.

Arjuna Temple

Mulai dari mie ongklok, dieng highland, telaga warna dan di akhiri di candi arjuna. Ini saatnya kita ninggalin Wonosobo menuju Jogja. Jam 4 teng kita meninggalkan candi arjuna. Terimakasih Wonosobo, pacar dan teman. Touring kali ini, sama luar biasanya dengan touring sebelumnya. Semoga kita bisa touring lagi. Amin

Selama perjalanan menuju Jogja, kita foto di Desa Kalegen, dibawah kaki Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Ngayogyakarto

Selamat datang kembali di jogja. Sekitar jam 8 PM kita nyampe di kaliurang. Lapar alert !! Nah, kita langsung nyari tempat makan yang lesehan. Ikan Bakar Bu Mondro, yah kita milih makan disini. Leyeh-leyeh time.